Kain Rayon termasuk jenis kain yang nyaman untuk dikenakan. Kain yang multifungsi ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Kain rayon juga digunakan sebagai bahan pakaian dan pelengkap untuk kebutuhan sehari-hari. Kalian juga dapat menemui kain rayon dalam berbagai macam varian lho. Tapi bahan kain rayon itu seperti apa ya? Simak penjelasan di bawah ini.
Apa Itu Bahan Rayon?
Bahan Rayon merupakan salah satu jenis serat kain berbahan serat murni yang berasal dari regenerasi selulosa. Asal sari selulosa ini dari dinding sel tumbuhan, pulp kayu dan katun yang dilarutkan. Rayon ini tidak termasuk ke dalam serat alami atau semi sintesis.

Namun, seiring perkembangan dunia garmen, maka kain rayon memiliki beberapa jenis dipasaran dengan kualitas dan jenis yang berbeda-beda sesuai dengan bahan dasar pembuatannya. Nah berikut beberapa jenis bahan rayon yang biasanya ada dipasaran :
1. Rayon Polyester (PE)
Bahan ini merupakan kombinasi polyester dan rayon. semakin tinggi polyesternya biasanya akan semakin murah pula harga jual rayon polyester. kandungan polyester yang tinggi akan menghasilkan kain yang agak kasar, kaku dan mudah sobek saat digunakan.
2. Rayon Jersey
Kain rayon jersey terbuat dari kombinasi serat rayon dan serat jersey sehingga memunculkan sebuah katakteristik kain yang memiliki permukaan dyang lebih rapat. tebal, dingin tidak menerawang, dan harganya cukup ekonomis.
3. Rayon Spandek
Sesuai dengan namayan jenis kain rayon spandek terbuat dari kombinasi bahan rayon dan spandek dengan perbandingan tertentu. Jenis rayon spandek memiliki ciri yang gampang dikenali, yaitu halus, warna ceria, mudah melar dan fleksibel. Penggunaan jenis rayon ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan baju olahraga, kaos dan jenis pakaian lainnya.
4. Rayon Crinkle
Kain rayon crinkle merupakan jenis bahan rayon yang teksur permukaannya tidak rata. tapi justru berkerut seperti kulit jeruk. Dengan bahan yang lembut, dingin dan memiliki tampilan biasa, kain ini cocok digunakan untuk bahan pembuatan dress, rok dan pakaian lainnya.
5. Rayon Viscose
Jenis kain ini dikenal dengan istilah rayon viskosa. kain rayon ini sendiri memiliki permukaan yang licin, halus dan sedikit mengkilap. Dan terkesan mewah dan tidak mudah kusut.
6. Rayon Linen
Kain rayon linen terbuat dari kombinasi serat rayon dan linen yang menghasilkan sebuah kain yang lebih ringan dari linen asli dan lebih kuat. bahan linen rayon ini meryerap keringat, dan anti bakteri

Itu dia penjelasan tentang bahan dan jenis kain rayon. Kalian sering menggunakan jenis kain rayon yang mana nih?
Kategori: Fashion

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Tombol Ini Untuk Terhubung admin